Anak Tak Punya Buah Zakar

Posted on September 24, 2008. Filed under: Artikel | Tags: , , |

Salah satu yang membuat orang tua was was ketika melahirkan anak adalah kondisi kesehatan si jabang bayi. Dalam beberapa laporan yang masuk, ternyata anak yang lahir tanpa zakar tidak sedikit jumlahnya. Oleh Dokter, disarankan agar segera membawa ke rumah sakit untuk di operasi setidaknya dalam 1 tahun pertama usia si anak.

Bila seseorang memiliki anak tanpa ada buah zakar, segera bawa ke dokter untuk mendapat perawatan dan menjalani operasi.

Agus (10), nama samaran, asal Kediri, adalah salah satu dari 10 anak yang saat ini menjalani operasi setiap bulannya di RSU dr Soetomo. Agus yang mendapat perawatan di di lantai IV RS Graha Amerta RSU dr Soetomo, Jl Airlangga, Surabaya, telah menjalani operasi pada Jumat (11/5/2007).
Ahli Urologi RSU dr Soetomo Surabaya, Prof Dr dr Sunaryo Hardjowidjoto SpB SpU, mengatakan selama ini banyak para orangtua membawa anaknya yang memiliki kelainan cryptorchismus atau buah zakar belum ada di kantung zakar dalam kondisi terlambat.

“Orangtua mengetahui anaknya tidak memiliki buah zakar biasanya membawa ke dokter pada usia di atas 5 tahun,” katanya saat dihubungi detikcom, Minggu (13/5/2007).

Seharusnya, lanjut dia, anak-anak tersebut dibawa ke dokter pada usia 1 tahun atau setelah dilahirkan oleh ibunya. Biasanya bila seorang anak saat baru lahir tidak memiliki buah zakar, maka ahli urologi akan menunggu 1 tahun.

“Masa menunggu ini untuk mengetahui apakah nantinya buah zakar yang berada di dalam perut akan turun ke kantung buah zakar. Bila tidak maka harus dilakukan operasi. Dan bila dibiarkan hingga dewasa maka mengakibatkan ketidaksuburan,” jelasnya.

Untuk proses operasi, lanjut Prof Sunaryo, perut pasien dibuka, dua buah zakar dikeluarkan dan dimasukkan ke dalam kantung zakar. Proses operasi tersebut hanya berjalan selama 2 jam. Operasi bisa dilakukan sekali atau dua kali. Bila operasi yang kedua dilakukan, itu berarti tim medis mengoperasi urat darah si pasien yang kurang panjang.

Prof Sunaryo menambahkan, tiap bulan pasien tanpa buah zakar di RSU dr Soetomo mencapai 7 hingga 10 anak. Beda dibanding tahun-tahun sebelumnya, pasien yang datang hanya 3 hingga 5 anak. Peningkatan tersebut lantaran masyarakat saat ini lebih peduli tentang kesehatan.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: