Merokok Sebabkan Impotensi, Kenapa ?

Posted on April 30, 2015. Filed under: Artikel |

Merokok sebabkan impotensi pada pria

Merokok sebabkan impotensi pada pria

Anda pastinya sudah sering mendengar bahwa merokok dapat menyebabkan impotensi. Bahkan bagi anda yang perokok aktif tentu sudah mahfum dengan label larangan merokok yang terdapat di bungkus rokok yang diisap.

Tapi bagaimana merokok dapat menyebabkan impotensi? bukankan banyak juga pria yang aktif merokok puluhan batang setiap hari tapi tetap memiliki anak yang banyak. Sebelum kita bahas lebih mendalam, ada baiknya kita sedikit membahas impotensi terlebih dahulu secara umum.

Impotensi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk merujuk pada gangguan fungsi ereksi penis. Pria penderita impotensi mengalami gejala penis tidak bisa ereksi dengan keras meskipun sudah mengalami rangsangan seksual yang cukup lama dan banyak. Pada kasus yang lain, awalnya penis tetap bisa ereksi dengan keras tapi akhirnya menjadi loyo saat berhubungan intim.

Kondisi ini tentu saja menyakitkan dan tidak memuaskan kedua pihak. Banyak kasus rumah tangga jadi retak karena masalah impotensi yang tidak disembuhkan dan dibiarkan berlarut-larut.

Saat ini impotensi dikenal dengan istilah disfungsi ereksi. Dokter yang menangani umumnya akan memeriksa gaya hidup dan pola makan penderita sebelum memeriksa kondisi kesehatan fisik. Jika diketahui penderita adalah perokok berat maka dokter akan meminta berhenti total dan memperbaiki pola hidup agar lebih sehat.

Umumnya kehidupan seksual berangsur-angsur menjadi lebih baik seiring dengan pola dan gaya hidup yang semakin sehat. Pada beberapa kasus impotensi akibat adanya penyakit penyerta lain maka dokter akan memberi resep obat penguat ereksi sekaligus berusaha menyembuhkan penyakit penyerta tersebut.

Ada ratusan zat kimia berbahaya di dalam setiap puntung rokok yang diisap. Zat-zat tersebut normalnya akan dinetralisir oleh sistem di dalam tubuh dan dikeluarkan melalui saluran-saluran tertentu. Sayangnya zat-zat kimia yang terus menerus masuk ke dalam tubuh tentu akan membebani kinerja organ tubuh, apalagi jika ditambah pasien jarang olahraga, sering begadang dan memiliki pola makan tidak sehat maka kondisi organ dalam tubuh akan semakin menurun.

Dampaknya adalah zat kimia tersebut akan mengendap dan masuk ke dalam aliran darah menuju organ-organ tubuh lain yang lebih jauh. Penumpukan zat berbahaya di dalam pembuluh akan menghambat aliran darah, jika penumpukan terjadi pada pembuluh yang mengalirkan darah pada penis maka ereksi tidak akan bisa terjadi, mengingat penis hanya bisa ereksi dengan keras jika terisi penuh dengan darah.

Tidak berhenti disitu, timbunan zat berbahaya dari rokok juga akan mengganggu fungsi kardiovaskular dan menyebabkan gangguan pada jantung dan paru-paru. Sehingga semua perokok akan mengalami gangguan pada organ dalam tubuhnya dan para perokok dengan gaya hidup tidak sehat akan mengalami gangguan yang lebih cepat lagi.

Itulah sebabnya merokok baik itu aktif maupun pasif dapat menyebabkan impotensi atau disfungsi ereksi. Tidak ada cara lain menyembuhkannya selain dengan mengurangi asupan zat kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh, caranya dengan berhenti total merokok, mulai berolahraga dan memperbaiki pola makan.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: